MENGHARGAI DIRI

Menghargai Diri

 

Kita sering merasa kagum ketika membaca di surat kabar atau majalah, melihat dari televisi di berbagai acara di banyak saluran, atau mungkin mendengar cerita dari orang lain tentang keberhasilan (dalam bisnis, sekolah, sosial) yang dicapai oleh seseorang. Dengan mengupas jati diri orang tersebut, latar belakang dirinya, kita dapat mengikuti perjalanan hidupnya hingga dia dapat sukses. Dalam menceritakan tentang orang (yang sukses) itu, selalu akan dikupas kelebihan – kelebihan yang ada pada dirinya sebagai sebuah keuntungan pada jalan kesuksesannya.

Masing – masing orang (yang sukses) pasti mempunyai kelebihan yang tidak banyak dipunyai oleh orang lain. Dengan kelebihannya itu digunakannya untuk memaksimalkan usaha meraih kesuksesan dari peluang yang ada.

Setiap orang pasti mempunyai kelebihan yang merupakan karunia dari Allah swt yang dapat digunakan untuk bertahan dalam hidup. Sebagaimana Allah swt juga menciptakan makhluk hidup yang lain, hewan dan tumbuhan, dengan dibekali kelebihan masing – masing. Dan manusia adalah makhluk hidup yang dikaruniai kelebihan diatas makhluk hidup yang lain diatas bumi.

Allah swt sendiri telah menyatakan tentang kelebihan manusia dalam Surah Al-Isra’, ayat 70: “Dan sesunggunya kami telah muliakan anak-anak adam, dan kami telah berikan kendaraan kepada mereka di darat dan di laut, dan kami telah beri rezeki kepada mereka dari rezeki yang baik-baik, dan kami telah lebihkan mereka dari kebanyakan makhluk-makhluk lain yang telah kami ciptakan dengan kelebihan yang sepenuhnya“.

Bila kita melihat orang yang sukses mampu memaksimalkan kelebihan dalam dirinya, kenapa kita tidak mampu? Sebuah pertanyaan yang pantas kita arahkan kepada diri sendiri ketika kita merasa rendah melihat orang lain yang kelihatan dengan mudahnya dapat meraih keberhasilan, sementara kita sampai sekarang belum juga mampu meraih cita- cita.

Anda pasti mempunyai kelebihan yang mampu membawa anda meraih sukses dalam hidup anda. Masalahnya mungkin anda belum maksimal menggarap kelebihan anda. Perhatikan kembali ayat dari Allah swt diatas, anda termasuk manusia dalam ayat tersebut!

Bagaimana pendapat anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s