Lebih Baik Terlambat

Lebih baik Terlambat

Terlambat bukanlah suatu aib, ketika tindakan itu bukanlah karena kesengajaan. Walaupun sebenarnya bila dibuat nilai, maka yang tidak terlambat lebih baik nilainya daripada yang terlambat.
Dalam kita berbuat suatu hal untuk tujuan tertentu, ada tiga tindakan yang mungkin akan kita perbuat. Yaitu bergerak mengarah ke tujuan, terlambat dalam bergerak, atau tidak bergerak sama sekali karena alasan tertentu.
Hasil dari setiap usaha yang kita lakukan untuk mendapatkan kebaikan, memang tidak akan selalu berhasil. Namun kehadiran kita dalam proses mendapatkan hasil merupakan sebuah nilai plus. Ketika karena sebuah keadaan kita mendapati diri tidak segera bergerak dan berusaha, maka disitu ada suatu penghalang bagi kita untuk mendapatkan kesempatan meraih kebaikan.
Ada banyak alasan bagi seseorang untuk tidak bergerak sama sekali menjemput kesempatan mendapatkan kebaikan. Salah satunya adalah merasa pasti akan gagal dalam usahanya. Padahal tidak semua yang kita pikirkan akan menjadi suatu kenyataan. Bila untuk start saja kita enggan melakukannya, bagaimana mungkin kita akan mendapat hasilnya?
Nilai diri kita terletak pada bergerak atau tidak untuk mendapatkan hasil, karena tidak mungkin ada hasil tanpa adanya pergerakan.
Untuk itu memotivasi diri agar siap untu bergerak menjemput hasil kebaikan yang mampu kita raih, merupakan sebuah keharusan. Dan lebih baik terlambat untuk bergerak daripada tidak bergerak sama sekali.
“Barangsiapa yang mengerjakan amal shalih baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang bahagia.” (An Nahl: 97)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s