Serangan Ulat Bulu

Serangan Ulat Bulu

Sejak beberapa minggu ini serangan ulat bulu melanda Probolinggo Jawa Timur. Sabtu (2/4) sudah tercatat delapan kecamatan terserang hama ulat bulu ini.
Lima Kecamatan yang diserang ulat bulu itu diantaranya, Leces, Tegal Siwalan, Bantaran, Sumberasih dan Wonomerto. Kini ulat bulu sudah menjalar ke Dringu, Tongas dan Banyuanyar.

Warga merasa terganggu dengan kehadiran ribuan ulat tersebut. Banyak ulat yang berjatuhan dari pohon mangga, sehingga warga perlu memakai payung untuk keluar rumah. Kemudian juga ulat – ulat itu dijumpai banyak berkeliaran ditembok – tembok penduduk, bahkan kemudian masuk ke rumah melalui lubang – lubang tembok.

Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah maupun inisiatif masyarakat sendiri untuk mengusir ulat – ulat tersebut. Dinas pertanian setempat melakukan penyemprotan disinfektan untuk memberantasnya. Sementara warga masyarakat melakukan pengusiran ulat dengan banyak cara, dengan mendatangkan paranormal, melakukan selamatan dan cara – cara yang lain.

Menurut penelitian sementara ulat bulu yang muncul ini bukan dari jenis hama dan kemunculannya baru pertama kali ini.

Dalam kacamata kita sebagai manusia yang beriman, kejadian luar biasa ini bisa menjadi acuan pemikiran bahwa ada ‘sesuatu’ yang hendak Allah swt sampaikan lewat kehadiran pengganggu ini. Mungkin ada peringatan dari Allah swt atas segala kesalahan kita selama ini. Motivasi untuk kembali kepada ‘peraturan – peraturan’ yang telah ditetapkanNya perlu kita perbarui kembali.

“(keadaan mereka) serupa dengan keadaan Fir’aun dan pengikut-pengikutnya serta orang-orang yang sebelumnya. Mereka mengingkari ayat-ayat Allah, maka Allah menyiksa mereka disebabkan dosa-dosanya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi amat keras siksaan-Nya.” (QS 8:52)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s