Menghilangkan Rasa Malas

Menghilangkan Rasa Malas

Seringkali mandegnya sebuah proses keberhasilan adalah karena kemalasan yang diikuti. Semua orang pasti pernah merasakan dalam dirinya muncul rasa malas dengan berbagai alasan. Dengan beragam pula cara untuk membuang rasa malas itu agar tetap dalam keaktifan.

Bila rasa malas muncul ketika kita membutuhkan sebuah keputusan dalam arti bergerak untuk mewujudkan hasil, maka kemalasan itu harus dibuang jauh – jauh. Karena akibat rasa malas inilah yang dapat membuat gagalnya kita meraih hasil maksimal kebahagiaan hidup.

Tidak ada yang mudah untuk memperoleh kenyamanan dan kebahagiaan hidup, semua harus kita dapatkan dengan perjuangan. Besar kecilnya usaha itulah yang menentukan hasil yang kita dapatkan. Dan ketika rasa malas mampu membuat kita mandeg bergerak dalam berusaha, maka tidak akan mungkin kita mendapatkan hasil.

Menyingkirkan rasa malas merupakan bagian dari perjuangan kita. Kadang rasa malas demikian menguasai diri kita sehingga sulit sekali kita hilangkan.
Rasulullah saw mengajarkan kepada kita sebuah do’a untuk menghilangkan kemalasan:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa gelisah dan sedih, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat pengecut dan bakhil, dari tekanan hutang, dan kesewenang-wenangan orang.” (3X)
(HR Abu Dawud)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s