Tips Sehat dan Bugar Sepanjang Hari

Tips Sehat dan Bugar Setiap Saat

Dalam jaman serba ketatnya kompetensi seperti sekarang ini kita memerlukan kesehatan selalu dalam kondisi prima. Beberapa tips berikut mungkin bisa dilakukan untuk mendapatkan kesehatan dan kebugaran badan setiap saat.

1. Bangun pagi

Usahakan bangun sebelum sholat subuh. Dalam udara pagi yang masih sejuk kita bisa menghirup oksigen bersih sebanyak-banyaknya, oksigen bersih sangat baik bagi kesegaran otak dan badan. Hirup udara segar, tarik napas dalam – dalam dan keluarkan perlahan, rasakan kesegaran dan kesejukan merasuk kedalam tubuh. Lakukan beberapa kali.

2. Biasakan minum air putih 8 gelas sehari

Air putih merupakan sumber mineral murni bagi tubuh, kebutuhan tubuh dalam sehari menurut para ahli kesehatan sekitar 8 gelas. Kurang konsumsi air putih dapat mempengaruhi kerja ginjal, yang merupakan awal dari penyakit yang berhubungan dengan ginjal.

3. Memperhatikan pola dan konsumsi makan

Hindari atau kurangi makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti minyak goreng, daging jerohan, dan lain-lain. Makan secukupnya, tidak berlebihan. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran yang berwarma hijau.

4. Menjaga kebersihan badan

Minimal kita bisa membersihkan badan selama 2 kali sehari, pagi dan sore hari. Di siang hari kadang terasa gerah karena mungkin banyak daki yang melekat pada tubuh, kita bisa mandi agar tetap bugar untuk itu.

5. Tidur dan istirahat yang cukup

Waktu tidur normal bagi orang dewasa sehari sekitar 8 jam. Namun tidur selama 6-7 jam sehari dengan kualitas yang baik sudah cukup memadai. Kita mesti bisa mengatur kapan saatnya untuk istirahat di sela-sela waktu kerja. Sangat penting diperhatikan bahwa tubuh dan otak kita memerlukan waktu istirahat, pemaksaan terhadap kerja tubuh dan otak ini bisa menimbulkan efek stress dan penyakit fisik lainnya.

6. Olah-raga secara teratur

Dengan berolah raga secara teratur tubuh akan terjaga dalam kondisi bugar sehingga terhindar dari kondisi lemas, serta sangat baik untuk tindakan preventif terhadap penyakit.

7. Selalu berpikir positif

Membiasakan diri untuk selalu berpikir positif sangat baik bagi kesehatan diri kita. Kebanyakan munculnya penyakit dimulai dari pikiran. Dengan menjaga kebersihan pikiran dari berpikir hal-hal yang negatif akan memberi pengaruh yang sangat baik bagi kesehatan badan secara keseluruhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s